Ramadhan, Restoran Di Brunei Dilarang Buka

Jumat, 19 Jun 2015 | 21.00 WIB

Ramadhan, Restoran Di Brunei Dilarang Buka

Masjid Di Brunei Darussalam (IST)


CENTROONE.COM - Kesultanan Brunei Darussalam kembali menerapkan larangan buka pada siang hari selama bulan Ramadan kepada restoran dan rumah makan. Sebelumnya pada tahun lalu aturan yang sama juga diterapkan dan melarang semua restoran buka dari Shubuh sampah Mahgrib.

Semua restoran wajib mengikuti aturan ini, baik restoran yang dimiliki warga muslim ataupun non muslim.  Larangan juga berlaku untuk semua warung yang menjual makanan dan minuman, kecuali fasilitas medis. Bagi Non-Muslim, makanan dan minuman bisa dipesan, namun harus dimakan di rumah atau jauh dari pandangan warga yang berpuasa.

Aturan ini sendiri saat pertama kali diterapkan tahun lalu sempat memantik kontroversi.  Brunei Times melaporkan ada sedikitnya 17 pengusaha restoran mengirim surat protes pada Kementerian Agama Brunei, meminta izin melayani pelanggan non-Muslim selama siang hari Ramadan. 

Namun protes itu tidak terjadi lagi tahun ini. Mayoritas pemilik usaha tahun ini mengaku tidak keberatan dan mematuhi pada larangan tersebut. Menurut mereka, buka di siang hari Ramadan juga tidak akan mendapatkan banyak pelanggan. bbs