Ini Panduan Sehat & Aman Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Jumat, 19 Jun 2015 | 12.24 WIB

Ini Panduan Sehat & Aman Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Foto: centroOne/Istimewa


Centroone.com - Bagi ibu hamil momen puasa menjadi dilema karena di satu sisi merupakan ibadah, dan di sisi lain ada calon buah hati kita yang harus diberikan asupan sehat setiap harinya.

Tapi, Anda tak perlu gelisah dengan masalah tersebut.

Sebab, menjalani puasa bagi ibu hamil ternyata bisa-bisa saja - asalkan tergantung dari kondisi si ibunya sendiri. Untuk itulah diperlukan konsultasi dengan dokter kandungan, apakah kondisi kehamilan Anda memungkinkan atau aman untuk menjalani puasa.

Apabila dinyatakan aman untuk berpuasa, maka ibu hamil penting memperhatikan beberapa hal, termasuk asupan kalori dan cairan. Kalori dan cairan yang dibutuhkan saat berpuasa tetap mengacu pada kebutuhan normal ibu hamil sehari-hari.

Hanya jika biasanya dibagi ke dalam 3 sesi, yaitu pagi, siang, dan malam - kini saat berpuasa hanya dibadi ke dalam 2 sesi, yaitu sahur dan berbuka.

Mengingat waktu berpuasa cukup panjang, Anda pun harus cerdas dalam memilih asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Saat sahur, hindari karbohidrat tinggi, karena mudah diserap, sehingga membuat Anda mudah lapar.

Konsumsilah lebih banyak biji-bijian, gandum, dan sayur-sayuran yang kaya serat. Selain itu, perbanyak konsumsi daging saat sahur, karena mengandung protein yang bisa disimpan di dalam tubuh dalam waktu lama.

Saat berbuka, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti kolak dan kurma. Hindari pula makanan bersantan. Anda juga boleh mengonsumsi camilan, tetapi hindari camilan yang terlalu manis agar insulin tidak meningkat secara drastis.

Untuk kebutuhan cairan, normalnya ibu hamil membutuhkan 2,5 liter dengan tambahan 300 cc air per hari agar tidak kekurangan cairan. Dehidrasi pada ibu hamil dapat mengakibatkan berkurangnya produksi air ketuban dan membuat janin tidak berkembang sempurna.

Asupan air ini dapat dibagi pada waktu sahur dan berbuka. Makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil saat berpuasa antara lain gandum, yoghurt, oatmeal, lumpia basah, puding, dan sayur-sayuran yang kaya serta.

Sedangkan, makanan yang perlu dihindari ibu hamil saat berpuasa, antara lain junk food, goreng-gorengan, dan makanan bersantan.

(Berbagai Sumber)