Kemehub Tinjau Kesiapan Armada Mudik dan Balik Lebaran

Kamis, 18 Jun 2015 | 23.39 WIB

Kemehub Tinjau Kesiapan Armada Mudik dan Balik Lebaran

Kegiatan mudik lebaran di Purabaya


CENTROONE.COM - Bertepatan dengan puasa hari pertama, Kementerian Perhubungan mengunjungi UPTD Terminal Purabaya. Tujuannya untuk melaksanakan kegiatan Monitoring Komprehensif Angkutan Barang dan Angkutan Penumpang di Pulau Jawa 2015, Kamis (18/06/2015).

Pihak kementerian berjumlah empat orang meninjau langsung kondisi bus yang ada di Terminal Purabaya. Hal ini juga terkait dengan kesiapan angkutan mudik dan balik lebaran.

Seluruh armada bus baik Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) maupaun Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) diperiksa kesiapannya. Pemeriksaan itu meliputi kondisi teksis seperti sabuk pengaman, rem, lampu dan kelengkapan administrasi bus.

Diharapkan saat penyelenggaraan angkutan untuk mudik dan balik lebaran 2015 itu, seluruh angkutan benar-benar dalam kondisi prima. Bahkan angkutan yang disediakan memang layak jalan dan lebih mengutamakan keamanan dan keselamatan penumpang.

Kepala Seksi Monitoring Operasional Direktorat Lalu Lintas dan Angkungan Jalan, Kementerian Perhubungan Saiful Bachri menjelaskan, pada H-15, seluruh terminal di Pulau Jawa ditargetkan telah siap menyelenggarakan angkungan mudik lebaran. Saat monitoring, jika terdapat angkutan bus yang tak memiliki kelengkapan standar dan tak dilengkapi surat administrasi yang benar, akan ditilang.

Kelengkapan teknis biasanya diremehkan pihak PO, namun hal itu sangat penting. Seperti kaca spion, klakson dan lainnya. “Pemberian tilang itu untuk menertibkan angkutan agar lebih mengutamakan keamanan dan keselamatan penumpang. Kita tak ingin saat penyelenggaraan angkutan mudik dan balik lebaran, banyak armada yang tak siap,” tandas Kepala UPTD Terminal Purabaya May Ronald.


oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra