600 Juta Smartphone Samsung Berpotensi Di-hack

Kamis, 18 Jun 2015 | 19.00 WIB

600 Juta Smartphone Samsung  Berpotensi Di-hack

Smartphone Samsung (IST)


CENTROONE.COM - Ratusan juta smartphone produksi Samsung diklaim menyimpan cacat, dan rentan dibobol oleh hacker.  Dilansir dari Daily Star, Kamis (18/6/2015), perusahaan keamanan bernama NowSecure menyatakan, jika lebih dari 600 juta perangkat besutan Samsung rentan untuk di-hack. 

Tidak tanggung-tanggung cacat itu menurut perusahaan itu juga ada dalam seri Galaxy S6, S5, dan S4. Cacat tersebut, menurut NowSecure disebabkan oleh penggunaan keyboard bawaan Samsung. Keyboard bawaan Samsung itu didukung oleh predective technology yang dikembangkan oleh aplikasi populer, SwiftKey.

Dugaan adanya cacat membuat fitur pada smartphone buatan Samsung tersebut seperti GPS, camera, dan microphone, mudah diserang dari jarak jauh.

Para hacker dikabarkan dapat secara diam-diam menginstal aplikasi berbahaya pada smartphone Samsung tanpa diketahui pemiliknya.

Bahkan yang lebih menakutkan, hacker dapat melihat pesan yang ada di dalam smartphone dan juga mendengarkan panggilan telefon. Pihak NowSecure sendiri mengatakan telah membeber masalah tersebut kepada pihak Samsung. bbs