Mobdin Dipakai Mudik, Pakde Karwo Tunggu Surat Resmi Pusat

Kamis, 18 Jun 2015 | 12.00 WIB

Mobdin Dipakai Mudik, Pakde Karwo Tunggu Surat Resmi Pusat

Mobil Dinas Pemkot Surabaya


CENTROONE.COM - Menpan-RB Yuddy Chrisnandi telah mengijinkan penggunaan mobil dinas sebagai kendaraan mudik.  Terkait kebijakan tersebut, Gubernur Jawa Timur Soekarwo menegaskan masih akan menunggu surat resmi dari pemerintah pusat, dan juga tentunya komisi pemberantasan korupsi (KPK).

Gubernur yang akrab disapa Soekarwo itu mengaku tidak akan mengeluarkan surat edaran terkait hal tersebut, meski menPAN-RB sudah menetapkan lampu hijau terkait hal mobil dinas tersebut.

" Jadi, biarkan MenPAN-RB dan KPK berunding dulu sebelum mengambil keputusan penggunaan mobil dinas untuk mudik Lebaran tahun ini  Saya akan menunggu keputusan final yang sifatnya resmi dari pemerintah pusat, termasuk imbauan KPK," ujar Pakde Karwo, sapaan akrabnya kepada wartawan, Kamis, (18/06/15).

Pakde Karwo menilai kebijakan Menpan-RB membolehkan pemakaian mobil dinas untuk keperluan mudik sudah tepat. Sebab, kata dia, jika kendaraan dinas yang dikumpulkan di satu tempat saat mudik Lebaran terbukti tidak efektif dan malah sulit untuk dijaga.

"Tapi, kendaraan dinas yang dibawa mudik harus menjadi tanggungan penuh penggunanya. Kalau ada kerusakan tidak jadi tanggungan Negara, dan yang memakai itu harus tanggung jawab," tukas gubernur yang juga seorang politisi tersebut. bbs