Ijinkan Mobdin Dipakai Mudik, Ini Pesan MenPAN-RB

Rabu, 17 Jun 2015 | 17.37 WIB

Ijinkan Mobdin Dipakai Mudik, Ini Pesan MenPAN-RB

Mobil Dinas Pemkot Surabaya


CENTROONE.COM - Awal Pekan ini, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi membuat kebijakan yang mengejutkan. Menteri yang selama ini dikenal keras bersuara dalam urusan penghematan penyelenggaran pemerintahan tiba-tiba memutuskan untuk mengijinkan pegawai negeri sipil menggunakan mobil dinas untuk mudik lebaran.

Menurut Yuddy tidak ada yang salah dengan kebijakan tersebut. Baginya, dengan menggunakan mobil dinas akan membantu meringankan beban PNS yang hendak mudik, terutama yang punya banyak anggota keluarga.  

"Bisa dibayangkan biayanya. Daripada menggunakan pesawat atau kereta yang biayanya cukup mahal, kan lebih baik menggunakan apa yang ada," ujar Yuddy beberapa saat lalu.
Namun terkait penggunaan hal itu, Yuddy menegaskan mobil dinas yang akan dipakai mudik hanya boleh dipakai oleh para PNS yang tidak memiliki mobil pribadi.  

"Mobil dinas itu diberikan pada pegawai pemerintah untuk memudahkan mobilitas yang mendukung kegiatan-kegiatannya dan kepentingan lain yang bermanfaat.Jika ada mobil pribadi, tapi mobil dinas yang digunakan untuk hal-hal pribadi, itu baru tidak etis" tambah Yuddiy lagi.bbs