Awal Ramadhan Ditetapkan Kamis , 18 Juni 2015

Selasa, 16 Jun 2015 | 19.38 WIB

Awal Ramadhan Ditetapkan Kamis , 18 Juni 2015

Sholat Taraweh saat Ramadhan (ANTARA)


CENTROONE.COM- Pemerintah melalui Kementerian Agama menentukan 1 Ramadhan 1436 Hijriah sebagai awal dimulainya ibadah puasa di Indonesia pada Kamis, 18 Juni 2015. Penentuan itu berdasarkan hasil sidang itsbat yang dilaksanakan di Kementerian Agama, Selasa (16/6/2015).

"1 Ramadhan akan jatuh esok lusa Kamis 18 Juni 2015. Itu hasil sidang itsbat," kata Menteri Agama RI Lukman Hakim Saefuddin dalam jumpa pers di di kantor Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Sidang itsbat sendiri dilaksanakan setelah salat Maghrib sekitar pukul 18.20 WIB. Sidang diawali dengan mendengarkan paparan Pakar astronomi dari Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Cecep Nuwendaya "Dalam paparan dijelaskan bila posisi hilal saat ini, tidak hanya melihat dari tanah air saja, tepi posisi hilal di seluruh penjuru dunia. Kemudian disimpulkan sore tadi posisi hilal berada dibawah ufuk, hilal terbenam dulu dibanding matahari, sehingga tidak ada satu pun bukti observasi astronomi hilal bisa dilihat," jelas Lukman.

Sebelum dilakukan sidang itsbat, ditambahkan Lukman, terlebih dahulu mendengar laporan 36 orang rukyat yang ditugasi kementeria agama di seluruh provinsi di Indonesia dari barat hingga timur. Hasilnya tidak ada satu pun pelaku hilal yang melihat hilal. "Atas dasar itu, seluruh peserta sidang itsbat menyepakati hilal tidak bisa dilihat, tidak tampak, sehingga bulan syaban saat ini disempurnakan 30 hari," ujar Lukman.

"Upaya menyatukan cara pandang kita dalam menetapkan kriteria hilal harus terus diiktiarkan, semangat ini terus terbangun tinggal kita nanti menyepakati pada posisi apa hilal itu bisa terlihat. Kedua, tentu saat ini kita bisa bersama-sama memasuki bulan ramadan karena keberadaan kita sendiri. Ini berkah Allah SWT yang memosisikan hilal sedemikian rupa," tandas Lukman.





oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra