Kawal Dana Desa, KPK Panggil Wamenkeu

Jumat, 12 Jun 2015 | 19.00 WIB

Kawal Dana Desa, KPK Panggil Wamenkeu  <br>

Logo KPK (ANTARA)


CENTROONE.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, Jumat (12/6/2015). Mardiasmo datang terkait pembahasan mengenai kajian KPK tentang pengelolaan dana desa.

"Ada kajian KPK tentang sistem bagaimana memperbaiki sistem pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa, dari Kemenkeu kan mengalokasikan dana desa 40 persen, " ucap Mardiasmo, di Gedung KPK, Jakarta.

Dikatakan Mardiasmo, pencairan Dana Desa dilakukan dalam 3 tahap. Yakni dengan pembagian 40 persen di bulan April, 40 persen pada Agustus dan 20 persen sisanya akan disalurkan pada Oktober mendatang.

Mardiasmo sepakat penggunaan Dana Desa yang anggarannya mencapai Rp 25 triliun itu harus secara jelas. Kajian yang dilakukan KPK terkait pencegahan adanya potensi korupsi dalam penggunaanya. "Nah KPK memberikan upaya pencegahannya seperti apa," tutur Mardiasmo.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha mengatakan, pihaknya mengundang sejumlah instansi terkait mengenai kajian Dana Desa. "KPK mengundang sejumlah instansi, di antaranya Kemendagri, Kemenkeu, dan Kemendes untuk memaparkan hasil kajian tentang Undang-Undang Desa," kata Priharsa saat dikonfirmasi terpisah.



oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra