10.635 Tenaga Konstruksi Terima Sertifikasi

Kamis, 11 Jun 2015 | 21.37 WIB

10.635 Tenaga Konstruksi Terima Sertifikasi <br>

Pelatihan tukang bersertifikasi yang digelar Semen Indonesia di Bukti Darmo. (Windhi/Centroone)


CENTROONE.COM -Tak sekadar mengejar produksi semennya saja, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk juga ingin memberikan yang terbaik pada para pengguna produknya tersebut. Melalui program sertifikasi, perusahaan plat merah ini membina dan melatih tenaga konstruksi atau tukang.

Hal ini sebagai bentuk nyata komitmen Semen Indonesia guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang konstruksi. Pelatihan dan sertifikasi tukang 2015 ini ditujukan kepada tenaga konstruksi yang ada di wilayah Surabaya dan Mojokerto, digelar pada Kamis (11/6/2015) di Balai Pelatihan Konstruksi Wilayah II Surabaya, kawasan Bukit Darmo.

Disampaikan Kepala Biro Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia Abimanyu, sampai 2015, total tenaga konstruksi yang telah dibina mencapai 10.635 orang. Itu berasal dari berbagai daerah, seperti Jawa, Kalimantan dan Bali. “Lebih dari 5.500 tukang diantaranya telah tersertifikasi,” ujar Abimanyu.

Sertifikasi tenaga konstruksi ini juga berkaitan dengan masuknya era MasyarakatEkonomi ASEAN (MEA) 2015. Dengan mengantongi sertifikat, nantinya para tukang bisa bersaing dengan sehat. Sertifikat tersebut bisa dipakai untuk bekerja pada industri besar karena sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi.

Guna menunjang sertifikat yang dikeluarkan, Semen Indonesia menggandeng Dinas Pekerjaan Umum Jatim untuk memberikan materi serta penjaringan peserta. Semen Indonesia berusaha secara rutin menggelar pelatihan dan sertifikasi tukang untuk pekerja konstruksi.

Materi yang diberikan mulai struktur bangunan dan konstruksinya, penggunaan bahan semen dan bagaimana mencampurnya, semua diberikan. Saat mereka dilepas dan telah tersertifikasi, maka daya saing pekerja konstruksi akan meningkat, khususnya dihadapan para pengguna jasa.

Perseroan selalu menganggap bahwa Sumber Daya Manusia bidang konstruksi ini merupakan mitra utama. Mereka menjadi pengguna produk Semen Gresik yang memiliki peran penting sebagai pemberi pengaruh bagi pengguna jasa dalam berbelanja semen.  Pelatihan tukang bersertifikasi yang digelar Semen Indonesia di Bukti Darmo.



oleh: Windhi A-editor:YL.antamaputra