Sambut Ramadhan, Sepakat Bersama Jaga Surabaya

Rabu, 10 Jun 2015 | 18.00 WIB

Sambut Ramadhan, Sepakat Bersama Jaga Surabaya

Jajaran pemkot dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini bergandengan tangan pasca penandatanganan Seruan Bersama (WIndhi/Centroone)


CENTROONE.COM - Seperti tahun-tahun sebelumnya, jelang Ramadhan, Pemkot Surabaya bersama jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya dan elemen masyarakat selalu menggelar seruan bersama. Seruan bersama yang dibuktikan dengan penandatanganan kesepakatan bersama, digelar di Graha Sawunggaling, lantai VI Jl Jimerto, Selasa (19/6/2015) malam.

Seruan bersama itu dihadiri Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Ketua DPRD Surabaya Armudji, Komandan Lantamal V Surabaya, Ka Gartap III/Surabaya, Komandan Korem 084 Bhaskara Jaya, Kapolrestabes Surabaya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya, Ketua Majelis Ulama Indonesia Surabaya, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama dan juga Ketua Himpunan Pengusaha Rekreasi Hiburan Umum (Hiperhu).

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini usai melakukan penandatanganan naskah seruan bersama dengan jajaran Forpimda Kota Surabaya, mengajak semua stake holder untuk terus merekatkan sinergi demi menjaga situasi di Surabaya tetap aman, nyaman dan tentram. Dicontohkan wali kota, pada 2014, seruan bersama itu bisa dijalankan dengan baik sehingga situasi Surabaya kondusif dan terkendali.

”Saya berharap kita bisa melakukannya kembali di tahun 2015 ini. Karena, kalau bukan kita, siapa lagi yang menjaga situasi kota tetap aman dan tentram,” tegas wali kota.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini juga mengingatkan agar selama Ramadhan, semua pihak bisa aktif memantau kondisi kantor atau tempat kerja masing-masing demi mengantisipasi potensi terjadinya kebakaran. “Ketika ditinggalkan dipastikan aman karena cuacanya sekarang panas sekali,” sambung wali kota.

Wali kota juga memberi apresiasi kepada pengusaha RHU karena selama ini memiliki komitmen untuk melaksanakan poin-poin yang ada dalam seruan bersama. “Terima kasih karena selama ini, telah patuh dengan baik sehingga tidak ada gesekan antar masyarakat dan juga ormas. Tahun ini kita kembali punya kesepakatan yang sama. Yakinlah, Tuhan akan memberikan berkah dengan cara berbeda,” ucap wali kota.

Sementara Kepala Bakesbangpol Linmas Kota Surabaya Soemarno mengatakan, acara yang rutin digelar setiap tahun ini dimaksudkan untuk memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat selama Ramadhan dan malam Hari Raya Idul Fitri 1436 H. 

Harapannya, kata dia, masyarakat Kota Pahlawan bisa merasakan kesejukan dan kenyamanan dalam menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan. "Seruan bersama ini merupakan bentuk saling menghargai dan menghormati kepentingan bersama. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menjaga suasana Kota Surabaya tetap kondusif," tegas Soemarno.

Seruan bersama ini juga untuk mengingatkan kembali para pengusaha-pengusaha kepariwisataan, khususnya usaha hiburan malam, agar dapat mematuhi aturan-aturan yang berhubungan dengan bulan Ramadhan, seperti Perda 23/2012 tentang Kepariwisataan. Karenanya Hiperhu juga ikut dilibatkan dalam penandatanganan naskah seruan bersama tersebut. (Windhi/Adv)