Jurnalis Surabaya Maju Pilkada di Kaimana

Rabu, 06 Mei 2015 | 10.00 WIB

Jurnalis Surabaya Maju Pilkada di Kaimana


Centroone.com -   Bursa bakal calon wali kota (Bacawali) di Surabaya diwarnai hadirnya jurnalis yang ancang-ancang akan mendaftarkan diri. Rupanya para jurnalis ini ingin menjajal popularitasnya di Kota Pahlawan. Sebut saja untuk Surabaya ada Dhimam Abror Djuraid.

Sementara jurnalis lainnya yang ingin maju di pesta demokrasi daerah, sebut saja Hari Setiawan atau akrab disapa Rio. Hanya saja, Rio tak bersaing dengan Dhimam Abror di Kota Surabaya, melainkan memilih kota di pulang paling timur di Indonesia. Rio siap maju sebagai bakal calon wakil Bupati di Kaimana, Papua Barat untuk periode 2015-2020. Rio juga merupakan jurnalis pertama yang mendeklarasikan pencalonannya.

Jurnalis Surabaya ini jatuh cinta dengan Kaimana, karena berawal dari peliputan di tempat tersebut. Potensi alam yang melimpah di Kaimana yang menjadi daya tarik Rio untuk maju. Pasalnya, potensi itu tak digarap dengan baik atau tidak secara profesional. Padahal Kaimana bisa menjadi daerah maju.

Di temui di Surabaya, Rio mengaku jika selama ini dirinya tak sekadar liputan di Kaimana. Melihat kondisi yang miris tersebut, khususnya tak tergarapnya potensi alam, membuat Rio menjalankan berbagai upayanya memajukan daerah itu. Sejumlah investor digaet untuk mengembangkan Kaimana. Mereka tak lain adalah jaringan pertemanan selama dia berkiprah di bidang jurnalistik.

Ditemui di rumahnya, Rabu (6/5/2015), Rio menjelaskan visi dan misinya. Menurut dia, warga Kaimana harus bersatu dan bekerja keras untuk mengembangkan potensi daerahnya. Selama beberapa tahun dia merantau di Kaimana, dia menyadari potensi Kaimana sangat melimpah. Semua potensi yang ada, hanya membutuhkan tekad warga Kaimana untuk menghasilkan manfaat.

Upaya Rio menjajaki pemimpin di Kaimana didukung oleh rekannya yang kebetulan sama-sama berasal dari Surabaya, Agus Sudarsono, mantan anggota DPRD Surabaya. Agus didapuk Rio untuk menjadi ketua tim pemenangan. “Kebetulan Mas Agus ini kan senior di Partai Golkar Surabaya. Saya yakin pengalaman dan jaringan beliau mampu memperkuat gerakan politik kami di Kaimana,” imbuhnya.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur ini menyebutkan pencalonan dirinya sebagai Bacawabup Kaimana ini juga mewakili aspirasi para perantau yang berada di Kaimana. Namun dia menegaskan bahwa aspirasi perantau ini bukan berarti mempersaingkan aspirasi anak negeri (warga asli Kaimana) dengan aspirasi perantau.

“Justru saya harus menghormati masyarakat asli Kaimana dengan tidak mencalonkan diri sebagai Bupati. Dengan saya mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati, maka Kaimana tetap harus dipimpin oleh anak negeri,” ujar Rio yang mewacanakan anak negeri merupakan kearifan lokal di Kaimana.

oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra