FIFA Masih Ijinkan Indonesia Berlaga di Sea Games

Minggu, 31 Mei 2015 | 07.31 WIB

FIFA Masih Ijinkan Indonesia Berlaga di Sea Games<br>

Pemain Tim Indonesia U-23, Ahmad Nufiandani (kiri) dihadang oleh Pesepakbola Tim nasional Malaysia U-23, Mohamad Fandi Othman (kanan) dalam pertandingan Persahabatan Internasional di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/5). ANTARA FOTO/Novrian Arbi


CENTROONE.COM - Kisruh yang terjadi dalam dunia sepakbola Indonesia akhirnya membuat Indonesia -dalam hal ini PSSI - benar-benar dijatuhi sanksi oleh badan sepakbola dunia FIFA. FIFA menjatuhkan sanksi terhadap Indonesia setelah menggelar emergency meeting Komite Eksekutif di Zurich, Swiss, Sabtu (30/5/2015). Putusan itu diketahui melalui surat yang dikirimkan Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke.

Dalam salah satu poin surat tersebut, FIFA menyebutkan semua tim sepakbola Indonesia (tim nasional maupun klub-klubnya) dilarang berhubungan keolahragaan dengan anggota FIFA yang lain (termasuk AFC), termasuk mengikuti kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan oleh FIFA dan AFC. (Statuta FIFA Pasal 14 ayat 3). 

Namun, FIFA rupanya membuat pengecualian dengan mengijinkan  tim nasional Indonesia U-23 tetap  mengikuti ajang SEA Games Singapura 2015. "Pada akhirnya, Exco FIFA mengetahui timnas Indonesia sedang ambil bagian di SEA Games 2015 di Singapura. Dengan sebuah pengecualian dan tidak sama dengan sanksi, Exco FIFA memutuskan timnas Indonesia bisa berpartisipasi di SEA Games hingga partisipasi mereka selesai," demikian pernyataan FIFA.

Di ajang SEA Games, Indonesia berada di Grup A bersaing bersama tuan rumah Singapura, Myanmar, Kamboja, dan Filipina. Timnas U-23 akan melakoni oertandingan perdana melawan Myanmar di Stadion Jalan Besar Singapura, Selasa (2/6/2015).bbs