Jika PPP Terdepak, KPU Tak Mau Disalahkan

Minggu, 31 Mei 2015 | 09.00 WIB

Jika PPP Terdepak, KPU Tak Mau Disalahkan

Simpatisan PPP dalam kampanye lalu (ANTARA)


CENTROONE.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak mau disalahkan jika Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak dapat mengikuti Pilkada serentak Desember 2015 mendatang lantaran partai masing-masing yang tak juga menuntaskan konflik.

"Itu bukan salah penyelenggara (Pilkada-red) tapi karena mereka enggak mau menyelesaikan konflik," tegas Ketua KPU, Husni Kamil Manik dalam diskusi bertema 'Menghitung Problematika Pilkada Serentak' di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/5/2015)‎.

Husni kembali menegaskan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika partai ingin mengikuti Pilkada serentak. Selain partai yang mengikuti Pemilu 2014, syarat lain yakni‎ sesuai UU Nomor 8/2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Dimana dalam UU tersebut jelas disebutkan bahwa partai yang dapat mengajukan calon dalam pilkada adalah partai yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten/Kota dan provinsi. Partai peserta pilkada juga harus memenuhi syarat minimal 20 kursi di DPRD. "Kalau mereka (PPP) tidak mau bergabung dengan partai lain, ya mereka tidak bisa ikut. Itu aturan undang-undang," tandas Husni.

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra