Sistem Penegakan Hukum Sudah Saatnya Dievaluasi

Sabtu, 30 Mei 2015 | 16.30 WIB

Sistem Penegakan Hukum Sudah Saatnya Dievaluasi<br>

ilustrassi pengadilan


CENTROONE.COM - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menekankan, sistem penegakan hukum di Indonesia sudah saatnya dievaluasi. Khususnya dalam hal pemberantasan korupsi. Demikian disampaikan Fadli dalam diskusi bertajuk 'duh KPK', di Warung Daun Cikini, Sabtu (30/5/2015).

Panitia Seleksi ‎Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK jilid IV dirasa ikut berandil dalam proses evaluasi tersebut. Setidaknya ada dua hal penting yang harus menjadi perhatian pansel. Pertama evaluasi sistem dan kedua evaluasi figur-figur pimpinan. Untuk evaluasi figur pimpinan lembaga antirasuah itu, kata Fadili, Pansel harus dapat menyaring orang-orang yang punya intergitas dan memiliki jiwa kenegarawanan. Pimpinan KPK, kata Fadli, harus bukan yang sekadar negarawan honorer.

Selain itu, harus bersih dari ambisi-ambisi politik. "Harus tidak punya lagi ambisi politik. Harus punya pengabdian. Bukan negarawan honorer. Kadang-kadang negarawan, kadang-kadang tidak. Bukan ingin cari status," tegas Wakil Ketua umum Partai Gerindra itu.

Untuk evaluasi sistem penegakan hukum khususnya pemberantasan korupsi di Indonesia, tak dipungkiri Fadli, dapat mengikuti perkembangan zaman. Yang terpenting evaluasi itu harus menciptakan sistem yang baik dan tidak tumpang tindih.

"Di dalam membuat undang-undang, memang ada semangat zaman. Semangat zaman sekarang berubah. Kita ingin institusi betul-betul ada government yang baik," tandas Fadli.‎

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra