Akhir Pekan, Sepeda Tua Serbu Surabaya

Sabtu, 30 Mei 2015 | 06.00 WIB

Akhir Pekan, Sepeda Tua Serbu Surabaya <br>

Sejumlah penggemar sepeda tua memacu sepedanya saat melintas di Jalan Raya Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, ANTARA FOTO


CENTROONE.COM - Tepat pada hari lahir Kota Surabaya pada 31 Mei, ruas jalanan kota bakal dipenuhi ribuan ‘pejuang’. Mereka akan keliling kota menggunakan sepeda tua. Ini merupakan persembahan komunitas sepeda tua dari berbagai kota di Indonesia dalam rangka memeringati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-722.

Komunitas pecinta sepeda tua itu ke Surabaya dalam rangka event Jambore Sepeda Tua 2015 yang digelar Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kota Surabaya bekerja sama dengan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Korwil Jatim.

Disampaikan Kepala Dispora Surabaya M Afghani Wardhana, sedikitnya akan ada 2.500 pecinta sepeda tua yang ambil bagian dalam acara tahunan ini. Mereka berasal dari berbagai kota di Jatim, beberapa kota di Jabar seperti Bandung, Cibinong, Majalengka, bahkan luar Jawa seperti Lombok. 

“Event Jambore Sepeda Tua 2015 ini selain untuk memeriahkan HJKS ke-722, juga dimaksudkan untuk melestarikan keberadaan sepeda tua. Event tahunan ini diharapkan mampu membangkitkan nasionalisme,” tegas Afghani.

Sebelum ngonthel bareng, pada Sabtu (30/5/2015), Dispora bersama Kosti akan menggelar event hiburan seperti lomba Joko/Perawan Ngonthel, lomba sepeda lambat dan juga lomba joget. Event tahunan ini sudah digelar untuk kali ketiga.

Ketua Kosti Korwil Surabaya Selamet Mulyono mengatakan, event ini layak disebut “jelajah taman dunia”. Ini karena rute Jambore Sepeda Tua 2015 memang melewati beberapa taman kota yang selama ini telah menjadi ikon Kota Surabaya. Beberapa taman kota yang akan dilewati para peserta diantaranya Taman Korea di Jl Dr Soetomo, lalu Taman Persahabatan di Jl Sulawesi, Taman Bungkul di Raya Darmo, Taman Ronggolawe (sebelah barat Terminal Joyo Boyo) lalu finish di Golden City Mall. 



oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra
 


...
0




There are 0 comments in this current article