Surabaya Kota Paling Siap Gelar Pilkada

Sabtu, 30 Mei 2015 | 03.12 WIB

Surabaya Kota Paling Siap Gelar Pilkada <br>

Pelaksaana Pemilukada di salah satu kota di Jawa Timur (Centroone)


CENTROONE.COM - Kesiapan KPU Kota Surabaya dalam melaksanakan Pilwali Surabaya 2015, dinilai Ketua KPU Jatim Eko Sasmito tanpa kendala. Artinya, Surabaya sudah benar-benar siap untuk mensukseskan salah satu pemilihan kepala daerah serentak tersebut.

Menurut Eko yang juga mantan Ketua KPU Surabaya, dari 19 daerah di Jatim yang akan menyelenggarakan Pilkada, KPU Surabaya itu masuk dalam kategori yang sangat siap. Apalagi terkait anggarannya, tak lagi menjadi masalah setelah ditandatanganinya Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Melihat pengalaman Surabaya, kota ini sudah tinggal jalan saja. Beban politik, seperti soal waktu dan aturan diambil alih oleh KPU Pusat,” jelas Eko saat menghadiri rapat kerja PPK se-Surabaya di Hotel Singgasana, Jumat (29/5/2015).

Masalah beban politik, seperti dualisme di tubuh partai politik, hanya tinggal menunggu keputusan dari KPU Pusat. Daerah, kata Eko, hanya menunggu dan mengikuti instruksi dari pusat saja.

Disinggung tentang dana Pilkada di sejumlah daerah yang belum cair, menurut Eko, batas akhirnya sampai 3 Juni 2015. Anggaran yang terlambat itu tentu berdampak dari pelaksanaan tahapan Pilkada. Artinya, kalau memang belum cair, maka Pilkada bisa ditunda.  




oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra