Jelang Ramadhan, Kenaikan Harga Masih Wajar

Jumat, 29 Mei 2015 | 10.00 WIB

Jelang Ramadhan, Kenaikan Harga Masih Wajar <br>

Pedagang menata cabe di salah satu pasar di Surabaya (CENTROONE)


CENTROONE.COM - Puasa Ramadhan, kurang tiga minggu. Namun beberapa harga bahan pokok di beberapa pasar tradisional di Jatim, jelang Ramadhan, justru mulai naik. Kenaikan harga bahan pokok itu berkisar antara Rp100 – Rp600. Namun kenaikan ini bukan tidak mungkin akan semakin meningkat saat Ramadhan atau jelang Idul Fitri.

Beberapa bahan pokok yang mulai naik seperti beras kualitas medium IR 64 dikisaran rata-rata Rp8.600-8.700/kg, gula pasir naik dari Rp11.000/kg menjadi Rp11.600/kg, minyak goreng curah naik dari Rp10.800/kg menjadi Rp11.200/kg, daging ayam broiler sebelumnya  Rp28.000/kg naik Rp28.500/kg dan telur ayam broiler Rp19.000/kg naik menjadi Rp19.500/kg.

Diungkapkan Kepala Seksi Bina Pasar dan Distribusi Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Jatim M Hamid Pelu, harga bahan pokok beras dan lainnya di pasar Jatim memang naik namun masih dalam tahap wajar. Diharapkan harga kebutuhan bahan pokok tetap stabil sampai memasuki puasa, lebaran hingga pasca-lebaran.

Selama ini, setiap memasuki puasa hingga lebaran, harga kebutuhan bahan pokok dipastikan naik. “Agar kenaikan tidak meroket, maka Pemprov Jatim setiap menjelang puasa melakukan Operasi Pasar (OP) bantuan ongkos angkut bahan pokok beras, minyak goreng, tepung terigu dan gula pasir,” ujar Hamid.

Informasinya, jelang puasa, sudah memasuki musim panen padi. Jika hasil panen baik, dipastikan harga beras bisa turun atau stabil. Kalau ada kenaikan jelang Ramadhan, itu pun relatif kecil.

oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra