Surabaya Selatan Bakal Punya RS Baru

Jumat, 29 Mei 2015 | 05.00 WIB

Surabaya Selatan Bakal Punya RS Baru<br>

Rumah Sakit Islam Surabaya, Salah satu rumah sakit di Surabaya (CENTROONE)


CENTROONE.COM - Pemkot Surabaya berencana membangun rumah sakit. Hal ini bertujuan untuk memenuhi pelayanan kesehatan yang bisa mencakup beberapa kawasan. Rencananya, rumah sakit itu dibangun di kawasan Selatan Surabaya, tepatnya di wilayah Balasklumprik-Wiyung.

Ditegaskan Kepala Seksi Lingkungan Hidup dan Tata Ruang, Bappeko Surabaya Ken Wahyuni, pihaknya saat ini terus melakukan koordinasi dengan SKPD lain, terkait pematangan lahannya. Selain membahas pembangunan rumah sakit, pemkot juga berencana membangun gedung Lansia (Griya Wreda), SMK, SMP, kantor arsip dan taman kota. Pembangunan beberapa gedung akan dipusatkan di satu kawasan yang terintegrasi.

“Lahan untuk gedung sudah diuruk. Untuk kantor arsip, justru sudah dalam tahap pembangunan. Tahun ini semuanya diharapkan sudah berjalan,” ujar Ken Wahyuni. Untuk pembangunan rumah sakit di Balasklumprik, membutuhkan lahan seluas 10 hektare, dimana lahan yang sudah tersedia  80 persen milik Pemkot sementara sisanya atau seluas 3,2 hektare adalah milik swasta. “Pembangunan rumah sakit itu ada di dekat kompleks TNI AD. Anggarannya sebesar Rp100 miliar. Namun tipe rumah sakitnya seperti itu, saya belum mengetahui,” tandas Ken Wahyuni.

Sementara untuk mengurangi beban anggaran, pemkot tetap akan menggandeng pihak swasta. Pembangunan RSUD di Surabaya ditempatkan di setiap kawasan kota. Di sebelah utara terdapat RSUD Dr Soewandi, Wilayah Barat RSUD Bhakti Dharma Husada, sedangkan di Timur pembangunannnya sedang dilakukan di Gunung Anyar dan untuk wilayah Selatan di kawasan Balasklumprik Wiyung. Pembangunan rumah sakit di beberapa kawasan itu, untuk memudahkan masyarakat menjangkau pelayanan kesehatan.



oleh:Windhi A-editor:YL.antamaputra