Pansel Persilahkan Unsur TNI Nyalon Capim KPK Jilid IV

Kamis, 28 Mei 2015 | 10.00 WIB

Pansel Persilahkan Unsur TNI Nyalon Capim KPK Jilid IV<br>

Logo KPK


CENTROONE.COM -  Panitia Seleksi mempersilakan kepada semua pihak yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jilid IV. Tak terkecuali dari unsur Tentara Republik Indonesia (TNI).


Juru Bicara Pansel Capim KPK, Betty S. Alisjahbana memastikan bahwa pansel tak membatasi asal muasal calon pimpinan KPK. Pun termasuk asal TNI. Yang jelas, kata Betty, calon pimpinan KPK harus memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah ditentukan. "Enggak ada masalah, kalau yang bersangkutan dibawah 65 tahun, dan 15 tahun di penegakan hukum, ekonomi, keuangan atau perbankan. Dan memenuhi IKIK (integritas, kepemimpinan, independensi, kompetensi). Sepanjang itu dipenuhi, silakan saja," kata Betty S. Alisjahbana, di Jakarta, Rabu (27/5/2015) malam.


Sayangnya, Betty enggan berkomentar saat disinggung siapa-siapa saja atau pihak mana yang akan masuk bursa capim KPK. "Nanti kalau sudah resmi daftar baru publikasikan," imbuhnya. Lebih lanjut dikatakan Betty bahwa Pansel tak menargetkan berapa banyak calon pimpinan KPK yang akan mendaftar. Pun demikian, sambung Betty, pihaknya telah menyusun sejumlah agenda agar meningkatkan animo pendaftar. "Sedang disusun, kita akan proaktif," tandas mantan general manager IBM ASEAN dan Asia Selatan itu.

Sementara itu, Mantan PLT Pimpinan KPK, Waluyo juga tak mempermasalahkan jika ada unsur TNI ikut nyalon Capim KPK. Asalkan, kata Waluyo, sudah tak aktif lagi di institusinya. "Ya boleh saja, kalau sudah tidak aktif kan sipil," terang Waluyo. Selain itu, sambung Waluyo, capim KPK harus memenuhi sejumlah persyaratan. Salah satu syarat terkait batas usia. "Asal dia memenuhi persyaratan dari usia, terus pernah 15 tahun di dunia hukum. Kalau sipil ya boleh," tandas Waluyo.


oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra