Ini Tata Cara Pemilihan Pimpinan KPK

Kamis, 28 Mei 2015 | 09.00 WIB

Ini Tata Cara Pemilihan Pimpinan KPK <br>

Logo KPK (ANTARA)


CENTROONE.COM - Panitia seleksi calon pimpinan KPK telah menentukan waktu pendaftaran bagi calon pimpinan (capim). Pendaftaran akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 5 hingga 24 Juni 2015. "Pendaftarannya 5-24 Juni. Karena UU tentukan pendaftaran itu 14 hari kerja," kata juru bicara pansel, Betti S. Alisjahbana, di Jakarta, Rabu (27/5/2015) malam.

Sementara soal persyaratan sesuai pasal 29 Undang-undang KPK. Calon yang akan mendaftar bisa langsung mengirim lamaran serta dokumen-dokumen penunjang persyaratan via email atau langsung ke Kantor Setneg. Setelah pendaftaran ditutup, dokumen pendaftaran yang sudah diterima akan dilihat kelengkapannya di tahap seleksi administrasi. Pasel kemudian akan menyampaikan siapa-siapa saja calon yang lolos tahap tersebut.

Pansel selanjutnya akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menanggapi calon yang lolos seleksi administrasi. Waktunya pada 27 Juni hingga 27 Juli 2015. Setelah itu, calon akan mengikuti seleksi makalah dan assesment. Diperkirakan tahap itu berakhir pada 31 Agustus 2015.

Pansel 'Srikandi' ini kemudian menyerahkan nama-nama yang lolos ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ada delapan nama yang nantinya akan diserahkan ke Presiden. Dari Presiden, nama-nama itu akan diserahkan ke DPR. Selanjutnya DPR akan menyeleksi dan memilih pimpinan KPK jilid IV.

Pimpinan KPK selanjutnya diharapkan lebih mengedepankan upaya pencegahan korupsi. Pencegahan harus dilakukan ke seluruh lini. Termasuk pencegahan korupsi di sistem pemerintahan. "Kalau mau buat Indonesia bersih dari korupsi, maka kita harus bangun sistem sehingga korupsi bisa dicegah. Jangan sampai orang yang baik ini terkontaminasiā€Ž. Kami harap melalui proses itu, ketemu pimpinan KPK yang penuhi kriteria itu, dan ujung tombak pencegahan dan pemberantasan korupsi," tandas Betti.

oleh:Rangga T-editor:YL.antamaputra