Google Tambahkan Fasilitas Tombol ‘Buy’

Senin, 18 Mei 2015 | 04.00 WIB

Google Tambahkan Fasilitas Tombol ‘Buy’<br>


Centroone.com – Sebuah fasilitas belanja baru akan diperkenalkan dan mulai bisa digunakan dalam waktu deat oelh Google. Seperti dikutip dari TheNextWeb, Google dalam hal ini akan menambah fasilitas tombol ''buy'' atau ''beli'' di pencarinya.

Dengan tombol buy, diharapkan konsumen dapat mencari dan membeli barang yang mereka perlukan dalam waktu singkat. Fitur ini untuk pertama kalinya akan terintegrasi dengan situs belanja Amazon.com dan eBay.

Tak langsung membeli, dengan mengeklik shortcut tombol Buy, seseorang akan masuk ke dalam spesifikasi barang. Dan dengan pilihan spesifikasi khusus seperti warna ukuran dan pilihan pengiriman, pengguna akan lebih mudah dalam melakukan transaksi online.

Dengan fasilitas ini, konsumen juga akan bertemu langsung dengan penjualnya. Dan cara ini rencananya sedang dikembangkan dengan proses pembicaraan toko online lain yang dapat menggunakan fasilitas Google ini.

Meski demikian, tak semua jenis barang disertai tombol buy. Dan untuk keuntungan, Google dalam hal ini mengambil untung dari pemasangan iklan online di toko-toko yang menjalin kerjasama dengan perusahaan ini.

Fasilitas ini sendiri masih bersifat pro dan kontra. Pasalnya, meski membantu, nama toko di indek Google akan secara otomatis diambil oleh Google. Pasalnya, cara ini akan membuat orang mengakses Google ketimbang Domain toko online tersebut.

Dalam beberapa minggu kedepan, fitur ini akan segera dirilis dan untuk sementara hanya ada di versi Google Mobile. Proyek ini seakan memperpanjang fasilitas mobile oleh Google. Yang diklaim, sekitar 60 pengakses Google adalah pengguna Mobile.


Oleh : Adi Cahyo