PM Tony Abbott Segera Tarik Dubes

Kamis, 30 Apr 2015 | 01.00 WIB

PM Tony Abbott Segera Tarik Dubes<br>


Centroone.com -  Eksekusi mati duo Bali Nine Andrew Chan dan Myuran Sukumaran disambut dengan kesedihan dan kemarahan di Australia.

Andrew dan Myuran adalah dua dari 8 terpidana mati yang dieksekusi Rabu Dini Hari kemarin di LP Nusakambangan. Selama ini sendiri, pihak pemerintah Australia telah melakukan banyak cara untuk membebaskan kedua warganya itu dari hukuman mati, namun gagal.

Pemerintah Australia sendiri menanggapi eksekusi kedua warganya dengan keras. Perdana Menteri Australia, Tony Abbott dilaporkan bakal segera menarik duta besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson “Akan ditarik untuk konsultasi,” Tukas Abbot dalam keterangan persnya, Rabu, waktu setempat. Penarikan dubes Paul Grigson menurut Menlu Australia akan dilakukan paling lambat akhir pekan nanti.

Tony Abbott menuturkan, Australia sangat menghormati sistem hukum dan kedaulatan Indonesia. Akan tetap eksekusi atas Andrew dan Myuran itu tetapsemestinya dilakukan. Ditambahkan Abott eksekusi itu telah mencederai hubungan antara Australia dengan Indonesia. “Apapun yang orang-orang pikirkan tentang hukuman mati, apapun yang orang-orang pikirkan tentang kejahatan narkoba, tapi faktanya dua keluarga ini (keluarga Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, red) mengalami tragedi mengerikan,” ucapnya.

Langkah penarikan Duta besar ini cukup aneh mengingat, Australia tak menunjukkan sikap serupa ketika warganya, Van Tuong Nguyen dieksekusi di Singapura pada 2005 silam kejahatan yang sama. bbs