Sempat Ditahan, Abraham Samad Kembali Dibebaskan

Rabu, 29 Apr 2015 | 02.00 WIB

Sempat Ditahan, Abraham Samad Kembali Dibebaskan<br>

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi nonaktif, Abraham Samad (kiri) tiba di bandara internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (28/4). . ANTARA FOTO/Dewi Fajriani/Rei/ama/15.


Centroone.com -   Kepolisian Daerah Sulselbar, Selasa 28 April telah menahan Ketua KPK non-aktif, Abraham Samad. Sebelumnya Abraham Samad ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemalsuan dokumen kependudukan terkait Feriyani Lim, yang juga sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian. Abraham Samad ditahan pada, Selasa malam setelah menjalani pemeriksaan.

Namun penahanan Abraham Samad tidak berlangsung lama. Pada Rabu, (29/04/15) Abraham Samad kembali dibebaskan dengan penangguhan penahanan. Sebelum ditahan menurut Liliana Santosa , pengacara Abraham Samad, kliennya sempat menandatangani surat penangkapan dan penahanan.

"Pak Samad sudah menjawab 41 pertanyaan dari BAP, dan akhirnya disuruh tandatangani surat penangkapan dan penahanan, ditandatangani Pak Samad. Setelah itu kita bertahan, akhirnya polisi sodorkan surat penanggguhan penanahan," kata Liliana Santosa ,di Mapolda Sulselbar, Rabu (29/4/2015) dini hari.

Liliana juga menegaskan tidak ada alasan bagi penyidik untuk menahan Samad. Sebab Samad kooperatif selama menjalani pemeriksaan. "Tidak ada alasan untuk melakukan penahanan," ujar Liliana.

Sebelumnya Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulselbar Kombes Joko Hartanto sebelumnya mengatakan dari hasil pemeriksaan, penyidik sudah mengantongi bukti cukup dugaan pidana yang dilakukan Samad terkait pemalsuan dokumen kependudukan. Samad diduga melakukan tindak pidana Pasal 264 ayat 1 subsidair Pasal 266 ayat 1 KUHP dan atau Pasal 93 UU 23/2006 sebagaimana diubah menjadi UU 24/2013 tentang Kependudukan. bbs

NEXT