8 Terpidana Mati Narkoba Sudah Dieksekusi

Rabu, 29 Apr 2015 | 03.00 WIB

8 Terpidana Mati Narkoba Sudah Dieksekusi<br>


Centroone.com -   Delapan terpidana mati narkoba, akhirnya telah dieksekusi secara serentak. Eksekusi digelar serentak di di Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (29/4/2015). waktu pelaksanaan sendiri dilakuakn sekitar pukul 00.25 WIB.

Delapan terpidana mati yang telah dieksekusi adalah Andrew Chan dan Myuran Sukumaran (keduanya WN Australia), Raheem Agbaje Salami (WN Spanyol), Rodrigo Gularte (WN Brasil), dan Martin Anderson alias Belo (WN Nigeria). Kemudian, Sylvester Obieke Nwolise (WN Nigeria), Okwudili Oyatanze (WN Nigeria), Zainal Abidin (WN Indonesia).

Eksekusi itu dilakukan lantaran semua proses hukum dan haknya sudah terpenuhi. Jaksa Agung HM Prasetyo sebelumnya menyebutkan para terpidana mati jilid dua sudah terpenuhi semua hak hukumnya. Korps Adhyaksa ini memastikan bahwa semua tahapan telah dilalui sehingga akhirnya diputuskan untuk dieksekusi.

Sementara itu untuk terpidana mati asal Filipina Mary Jane Fiesta Veloso dilaporkan ditunda eksekusinya. Sedangkan untuk terpidana asal Prancis Sergei Aresky Atloui rencananya akan dieksekusi terpisah dengan sembilan terpidana lain. Pasalnya, gugatan yang diajukan Sergei atas penolakan grasi oleh Presiden Jokowi ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) masih berjalan. bbs