Bantu Korban Gempa Nepal, Google-Facebook Aktifkan Fitur Khusus

Senin, 27 Apr 2015 | 16.12 WIB

Bantu Korban Gempa Nepal, Google-Facebook Aktifkan Fitur Khusus


Centroone.com -  Dua raksasa teknologi, Facebook dan Google turun tangan membantu para korban Gempa Nepal dan mereka yang mencari kerabat yang sekiranya menjadi korban gempa Nepal.

Lewat fitur Safety Check, para pengguna Facebook dapat memberitahukan diri mereka sebagai korban selamat dengan menandai diri mereka sendiri. " Safety Check telah diaktifkan untuk orang-orang yang terdampak oleh gempa di Nepal. Ini cara mudah agar keluarga dan teman-teman tahu bahwa Anda baik-baik saja. Jika Anda berada pada wilayah yang terkena gempa, Anda akan mendapat notifikasi yang menanyakan apakah Anda selamat, dan apakah Anda ingin mengecek teman-teman Anda " tulis Bos Facebook lewat akun Facebooknya, Minggu, (26/04/2015).

Warga berkumpul di landasan di luar Terminal Internasional setelah terjadi gempa di Bandara Internasional Tribhuvan, Kathmandu, Nepal, Sabtu (25/4)  ANTARA FOTO/REUTERS/Dhany Osman/Handout via Reuters/djo/15


Sementara itu dari Google, Raksasa internet itu mengaktifkan fitur Person Finder. Laporan terakhir pada Minggu (26/4/2015) siang, Person Finder sudah mendata hampir 3.000 data. Layanan pencarian orang ini tersedia lewat pesan singkat (SMS) di India dan Amerika Serikat. Sementara itu layanan terkait Gempa Nepal, juga dibuka oleh Komite Internasional Palang Merah.

Lewat layanan Restoring Family Links di link familylinks.icrc.org/nepal-earthquake mereka yang berada di Nepal dan tak bisa menghubungi keluarga secara langsung dapat memasukkan nama mereka dalam daftar di situs tersebut dan menyatakan bahwa mereka selamat. Mereka yang kehilangan kontak dengan orang terkasih juga bisa memasukkan nama orang tersebut di situs itu. bbs