Ternyata Belajar Diluar Ruangan Lebih Baik

Senin, 27 Apr 2015 | 11.33 WIB

Ternyata Belajar Diluar Ruangan Lebih Baik<br>


Centroone.com – Dibanding belajar di dalam ruangan, ternyata belajar di luar ruangan jauh lebih baik. Selain memperkenalkan anak dengan lingkungan, kegiatan ini ternyata dapat menjaga kualitas kesehatan mata anak kian baik dan terjaga.

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang mengungkap kualitas cahaya di luar ruangan jauh lebih baik ketimbang di dalam ruangan (Dengan cahaya buatan/lampu). Hal ini yang pada akhirnya berpengaruh pada kualitas kesehatan mata.

Tak hanya itu, cahaya buatan juga kerap menjadi permasalahan bagi pengelihatan anak. Seperti saat anak terbiasa dengan televisi dan komputer, maka kecenderungan kerusakan mata akan semakin tinggi.

Seperti dikutip dari ahli bedah mata Dr David Allamby, sebuah penelitian yang memakan waktu 100 tahun pernah mengungkap, kebiasaan membaca dengan lampu kerap mengakibatkan kerusakan mata. Hal ini akan kian berat, jika Anda membaca dengan media yang memiliki cahaya buatan, seperti perangkat gadget dan sebagainya.

Sadar akan hal ini, di China banyak sekolah lebih memilih melakukan kegiatan belajar mengajar di luar ruangan (Kelas). Beberapa sekolah menggunakan ruangan kaca untuk mendapat penerangan cahaya alami. Cara ini ternyata dapat mengurangi risiko kerusakan mata hingga 23%.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan mata, para ahli juga menyarankan untuk tidak sering menggunakan peralatan elektronik. Seperti televisi, smartphone dan tablet. Karena meski tak tampak berdampak langsung, kebiaasaan ini juga kerap berdampak dalam jangka panjang.


Oleh : Adi Cahyo