Yuk Kenali Manfaat Kesehatan dari Jamur

Senin, 27 Apr 2015 | 10.03 WIB

Yuk Kenali Manfaat Kesehatan dari Jamur<br>


Centroone.com – Selain lezat, ternyata jamur tiram jika dikonsumsi secara rutin akan memberi kita banyak manfaat bagi kesehatan. Cara sehat ini yang juga digunakan masyarakat China sejak 3000 tahun yang lalu.

Seperti dikutip dari Live Strong, baru-baru ini tim pengobatan tradisional China mengemukakan manfaat positif jamur tiram bagi kesehatan. Menurut Christopher Hobbs, dalam budaya pengobatan China, Jamur Tiram sering digunakan karena dampak positif bagi kesehatan, berikut diantaranya :

Memiliki zat antioksida

Seperti bahan antioksida yang lain, konsumsi jamur tiram akan membuat Anda lebih siap dalam menghadapi radikal bebas, alias tak mudah sakit. Ini dikarenakan bahan ergothioneine, sebagai antioksidan alami yang unik yang hanya didapat pada jamur tiram.

Antibakteri

Seperti dikutip dari Journal of Agricultural and Food Chemistry pada 1997, jamur tiram terbukti memiliki zat positif berisfat antibakteri. Konsumsi rutin jenis jamur ini akan meningkatkan senyawa aktif benzaldehida yang dapat mengurangi infeksi bakteri di tubuh.

Bergizi

Sebagai bahan makanan jamur tiram memiliki sifat rendah kalori dan tinggi nutrisi. Dalam penelitian dalam jamur tiram terdapat nutrisi seng, besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin C, asam folat, niasin, dan vitamin B-1 dan B-2.


Oleh : Adi Cahyo