Lebih dari 2.300 Orang Tewas di Gempa Nepal

Senin, 27 Apr 2015 | 09.00 WIB

Lebih dari 2.300 Orang Tewas di Gempa Nepal<br>

Korban 2300 orang Gempa di Nepal


Centroone.com – Update terakhir gempa Nepal sudah menelan korban 2.300 jiwa. Dan karena hal ini rumah sakit setempat sudah tak mampu lagi menampung sejumlah korban tewas dan terluka akibat gempa berkekuatan 7.9 SR ini.

Gempa yang terjadi pada hari Sabtu (25/04) tersebut juga sempat membuat jaringan listrik telepon dan rumah sakit rusak parah. Dan jumlah korban tewas akibat hal ini sudah mencapai 2.300 jiwa yang terdiri dari warga Nepal, India dan China. Sementara lebih dari 5.838 orang terluka karena hal ini.

Proses evakuasi sendiri telah dilakukan sejak hari Minggu (26/04) dengan melibatkan tim penyelamat dari berbagai negara. Proses evakuasi dilakukan untuk mencari korban tertimbun reruntuhan di kawasan di ibukota Kathmandu maupun kota-kota di sekitarnya.

Menurut tim palang merah Australia, korban gempa banyak dijumpai dari proses pengangkatan reruntuhan gedung setiap jam. Akses jalan dan telepon yang terputus karena longsor seakan membuat proses evakuasi semakin sulit.

Begitu pula penyaluran bantuan asing, berupa obat-obatan dan peralatan medis yang kian menipis, membuat upaya penyelamatan mengalami banyak kendala.

Oxfam, lembaga bantuan dari Australia melaporkan, saat ini ruang mayat sudah tak lagi mampu menampung jenazah. Karena jumlah ruangan di Rumah Sakit sudah melampaui over capasity. Hal ini yang membuat para penduduk yang selamat memilih tidur diluar ruangan.


Oleh : Adi Cahyo