D'Academy 2 Kantongi Teguran KPI Dua Kali

Sabtu, 25 Apr 2015 | 11.08 WIB

D'Academy 2 Kantongi Teguran KPI Dua Kali


Centroone.com - Rating tinggi membuat tayangan D'Academy 2 di Indosiar disorot pihak Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Bahkan di beberapa tayangan D'Academy 2, KPI mendapati adanya sebuah pelanggaran. Dari keterangan KPI yang dilansir di situs resmi mereka, Jumat (24/4), KPI menyebut tayangan D'Academy 2 tanggal 16 April 2015, pukul 20.22 WIB telah ditemukan pelanggaran.

Di episode itu, ada perkataan kasar 'setan lo' yang dilontarkan oleh seorang wanita kepada seorang pria. Kata kasar tersebut berhasil masuk ke siaran langsung D'Academy 2. KPI yang kembali melansir pelanggaran ini di situs resminya menilai, kalau kata-kata kasar itu bisa membawa pengaruh negatif untuk publik, terutama bagi kalangan anak-anak dan remaja.

KPI memasukkan jenis pelanggaran ini ke dalam kategori penghormatan terhadap norma kesopanan dan kesusilaan, ungkapan kasar dan makian, serta penggolongan program siaran.

Atas ini, maka KPI menegur D'Academy 2 sebagai tayangan yang melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran KPI Tahun 2012 Pasal 9 dan Pasal 21 Ayat (1), serta Standar Program Siaran KPI Tahun 2012 Pasal 9 dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a.

Atas pelanggaran tersebut, maka KPI akan mengenai sanksi administratif kepada D'Academy 2 berupa Teguran Tertulis Kedua. KPI memberikan peringatan atas pelanggaran ungkapan kasar dan makian yang bisa berimbas kepada penghentian sementara D'Academy 2.

Menurut KPI, hal itu sesuai dengan Pasal 24 jo. Pasal 80 Ayat (1) SPS. Sementara dari catatan KPI Pusat, D'Academy 2 sebenarnya sudah pernah mengantongi Surat Teguran Tertulis Nomor 295/K/KPI/03/15 tanggal 26 Maret 2015.

Dua kali mendapatkan teguran, membuat KPI akan terus memantau secara intensif terhadap tayangan D'Academy 2 ini. KPI menegaskan dalam keterangannya, apabila D'Academy 2 masih ditemukan pelanggaran, maka akan ada peningkatan sanksi sesuai dengan Pasal 75 SPS KPI Tahun 2012.