SBY Minta Negara Asia-Afrika Sebarkan Perdamaian

Kamis, 23 Apr 2015 | 12.41 WIB

SBY Minta Negara Asia-Afrika Sebarkan Perdamaian

Presiden Joko Widodo bersama para pimpinan negara lainnya berfoto bersama dalam pembukaan Asian African Summit yang merupakan rangkaian Konferensi Asia Afrika di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (22/4/2015). Sebanyak 106 negara yang berpartisipasi akan menghadiri rangkaian Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika di Jakarta dan Bandung yang digelar hingga 24 April.


Centroone.com - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono meminta negara-negara di Asia-Afrika menyebarkan perdamaian untuk menghindari konflik antarnegara. Hal itu disampaikan SBY saat memberikan pidato dalam acara konferensi parlemen Asia-Afrika, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/4/2015).

"Isu selanjutnya yang paling penting adalah keamanan. Negara-negara Asia Afrika harus menyebarkan perdamaian secepat mungkin untuk tetap menjaga keamanan," kata SBY kepada perwakilan parlemen seluruh negara Asia-Afrika yang hadir.

SBY menilai, kondisi keamanan di Asia-Afrika saat ini sebenarnya sudah cukup baik. Konflik di Afrika Selatan telah berakhir. Angola dan Mozambic juga sudah mengakhiri perang dan mampu menumbuhkan ekonominya kembali.

Di Indonesia, gerakan separatisme juga sudah berhasil diminimalkan.

"Bisa kita lihat Indonesia dan Timor Leste menjadi dua negara yang bertetangga dan berhubungan baik," ujar SBY yang kini menjabat sebagai Chair of Global Green Growth Institute ini.

Stabilitas hubungan antarnegara seperti ini, kata dia, harus dilebarkan secara terus menerus. Dia mengajak semua perwakilan parlemen yang hadir untuk bersama-sama mengakhiri konflik yang saat ini masih terjadi di negara-negara Asia-Afrika.

"Kita harus mengakhiri konflik di Suriah. Kita dukung kemerdekaan Palestina. Kita harus damaikan juga Yaman. Penyebaran ISIS juga harus kita tekan seminim mungkin," kata SBY.