Pulau Kura-Kura, Pulau Unik Yang Muncul 9 Bulan Sekali

Kamis, 31 Des 2015 | 12.00 WIB

Pulau Kura-Kura, Pulau Unik Yang Muncul 9 Bulan Sekali

Pulau unik ini berada di tengah-tengah Sungai Muodaoxi yang mengalir melalui desa Longshi di Yunyang County di kota Chongqing. (Ist)


Centroone.com -    Sungai Muodaoxi di Barat Daya China, belakangan jadi tujuan utama baru bagi para wisatawan. Tepat di tengah sungai tersebut, telah muncul pulau baru yang hanya muncul di permukaan sungai setiap sembilan bulan sekali.

Pulau unik ini berada di tengah-tengah Sungai Muodaoxi yang mengalir melalui desa Longshi di Yunyang County di kota Chongqing. Sungai Muodaoxi sendiri berada dalam wilayah Three Gorges Reservoir Region dan tingkat air dikendalikan oleh Three Gorges Dam.

People Daily melaporkan, Pulau kecil itu, yang bentuknya mirip kura-kura itu hanya muncul ketika permukaan air berdiri di antara 163 dan 168 meter. Bentuk pulau itu tergantung pada jumlah air banjir yang menuju hilir. Musim semi dianggap sebagai waktu terbaik untuk menikmati pemandangan, karena saat itu Three Gorges Reservoir memasok air ke daerah hilir, yang menurunkan tingkat air.



Pemandangan itu sendiri oleh penduduk setempat dijuluki sebagai 'penyu musim semi naik dari air'.Penyu merupakan tanda keberuntungan di Cina mewakili umur panjang.Fenomena alam itu makin terkenal setelah setiap tahun, kemunculan pulau penyu itu jadi pusat perhatian warga setempat, yang kemudian menyebar dan menarik wisatawan untuk datang.



" Saat datangnya musim semi, kami hanya mengatakan penyu datang," kata seorang warga lokal Meng Liu, seperti dilansir dari Daily Mail. Ketika sungai di kedalaman normal di 175 meter, pulau hanya menunjukkan bagian kecil di atas air. Sementara saat ketinggian air turun sekitar 145 meter, daratan yang tampak makin luas dan terhubung ke daratan utama. dok