Ribuan Pahlawan Ekonomi Siap Sambut MEA

Selasa, 29 Des 2015 | 06.00 WIB

Ribuan Pahlawan Ekonomi Siap Sambut MEA

Kegiatan bazar UMKM di Surabaya (Centroone)


Centroone.com - Sebanyak 2.640 usaha kecil menengah (UKM) yang tergabung dalam Pahlawan Ekonomi (PE) Surabaya siap menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang diberlakukan 2016. Kesiapan itu ditegaskan dalam Deklarasi Pahlawan Ekonomi Surabaya Siap Hadapi MEA di Kaza City, Jalan Kapas Krampung.

Menurut Ketua Steering Committee PE Bagus Soepomo menegaskan, 2.640 UKM tersebut telah meningkatkan kompetensi dengan mengikuti berbagai pelatihan, di antaranya packaging, internet marketing, literasi keuangan, dan lainnya. “Sudah 30 produk PE yang telah didesain baru lewat program tata rupa. Produk-produk tersebut yang termasuk 101 produk usaha unggul telah dijual di national distribusi channel (jaringan distibusi nasional, red) dan siap bersaing di pasar ASEAN,” ujar dia.

Bagoes menambahkan, sejak dirilis pada 2010, PE memang memfokuskan pada upaya pemberdayaan ekonomi perempuan berbasis komunitas dan keluarga. Program ini untuk mendorong pengembangan kualitas ekonomi kerakyatan, khususnya bagi pelaku UKM. Dengan kesempatan berkarya yang makin terbuka, pengangguran dan kemiskinan akan makin berkurang.

“Istilahnya Pahlawan Ekonomi menjadi 'mesin kedua' yang menghasilkan pemasukan tambahan bagi keluarga untuk kesejahteraan lebih baik,” papar Bagoes.

Farida salah satu ibu rumah tangga yang mampu memasarkan produk jilbabnya hingga ke mancanegara mengatakan, jika ia mengawali bisnis dari bawah. "Empat tahun lalu saya ikut Pahlawan Ekonomi, kini saya telah kebanjiran pesanan. Bukan hanya dari lokal, tapi antarpulau, bahkan sampai ke luar negeri. Terakhir saya mendapat pesanan jilbab dan baju gamis dari Yaman," ungkapnya.

Terkait omzet, pada tahun 2015 ini dia mengaku dapat mengumpulkan omzet kurang lebih sebesar Rp1 miliar. (windhi/by)