Awas! Ada Hiu Ninja Mengintai Dari Dasar Laut

Minggu, 27 Des 2015 | 17.00 WIB

Awas! Ada Hiu Ninja Mengintai Dari Dasar Laut

Sosok Hiu Ninja (IST)


Centroone.com - Sekelompok peneliti di kawasan perairan Amerika Serikat baru-baru ini menemukan jenis spesies baru dari ikan hiu. 

Memiliki kulit hitam legam, hiu baru ini diberi nama unik Ninja Laternshark.  Spesies baru hiu ini ditemukan hidup di kawasan Samudera Pasifik, lepas teluk Amerika Tengah, di kedalaman 836 to 1443 meters.

Nah, ide nama unik si Hiu Ninja ini sendiri didapat dari nama sepupu dari Vicky Vasquez salah satu anggota tim peneliti yang menemukan hiu tersebut.

" Nama yang kami berikan, Ninja Lanternshark, berdasar warna hitamnya yang mirip kostum hitam, dan pada fakta bagian tubuhnya yang memantulkan cahaya, lebih sedikit dari jenis laternshark  yang ada.  Kami merasakan ada keunikan pada dirinya yang bisa menyamar seperti Ninja. Sepupu kecilku yang sebenarnya juga awalnya menyarankan nama itu" ujar Vicky seperti yang dilansir dari Mashable.  Laporan penemuan hiu itu sendiri dipublikasikan di Journal of the Ocean Science Foundation.

Dengan adanya Hiu Ninja ini maka sejak tahun 2010, peneliti telah menemukan delapan jenis baru hiu. Hiu Ninja ini sendiri punya nama biologi Etmoterus benchleyi  - yang mana nama ini sendiri menyimpan arti unik.

  Nama belakang dari Hiu Ninja ini - benchleyi, berasal dari nama penulis film tentang hiu populer, Jaws, Peter Benchley.

Pemilihan nama Peter Benchley sendiri bukan tanpa alasan.

" Meski banyak orang menggangap Peter memberikan pandangan negatif kepada hiu (lewat Jaws), tapi lewat Benchley Awards, yang memberikan penghargaan kepada mereka yang berkontribusi pada konservasi lautan, Peter telah memberikan suatu hal yang sangat positif" ujar  Vicky lagi. by