Tidur Siang Singkat Baik Untuk Daya Ingat

Kamis, 24 Des 2015 | 16.00 WIB

Tidur Siang Singkat Baik Untuk Daya Ingat

ilustrasi (IST)


Centroone.com -  Para peneliti menemukan bahwa tidur siang singkat bisa membuat memori seseorang lima kali lebih baik sesudahnya.

Dalam studi para peneliti dari Saarland University, Jerman, 41 orang subjek diminta melihat dan mencoba mengingat 90 kata dan 120 pasangan kata. Mereka memastikan pasangan kata tersebut tidak sama, seperti menggunakan kata-kata "susu" dan "taksi" sebagai pasangan sehingga kata-kata itu tidak mudah diingat bersama-sama.

Lalu setengah peserta diminta tidur siang tidak lebih dari 90 menit sementara peserta lain diminta menonton DVD setelah melihat kata-kata tersebut. Hasilnya? Mereka yang tidur mengingat kata-kata tersebut jauh lebih baik. "Hanya tidur singkat 45-60 menit meningkatkan memori lima kali lipat.

Bahkan tidur siang singkat di kantor atau tidur siang di sekolah dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan" kata neuropsikolog Axel Mecklinger dalam laporan yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Learning and Memory, seperti yang dikutip dari UPI. dok