Ditetapkan Tersangka, Ini Kata Risma

Sabtu, 24 Okt 2015 | 12.32 WIB

Ditetapkan Tersangka, Ini Kata Risma

Mantan Walikota Tri Rismaharini (IST)


CENTROONE.COM - Jalan mantan wali kota Surabaya Tri Rismaharini untuk maju periode kedua menemui jalan terjal. Jumat, (23/10/2015) nama Risma disebut-sebut telah ditetapkan tersangka oleh Polda Jatim dalam kasus kasus tindak pidana penyalahgunaan kewenangan terkait penampungan sementara Pasar Turi.

Saat ditemui terkait hal itu, Risma mengaku terkejut. Menurut Risma, kasus tersebut sudah berjalan lama dan SPDP sudah dikeluarkan sejak bulan Mei 2015 lalu.Risma menerangkan bahwa SPDP tersebut memang sudah dikeluarkan pada bulan Mei 2015 lalu dengan statusnya sebagai saksi dan saat ini masih menunggu hasil gelar perkara dari Polda Jatim. "Kalau soal SPDP itu sudah lama. Sudah sejak bulan Mei munculnya," tukas Risma, Jumat, (23/10/2015) di Gedung Wanita Jalan Kalibokor Surabaya, Jumat (23/10/2015) pada acara pembekalan saksi PDIP.

Risma menjelaskan kasus ini bermula dari TPS yang berada di sekitar gedung Pasar Turi Baru. Pihak pengembang, dalam hal ini PT Gala, meminta Pemerintah Kota melakukan pembongkaran TPS yang saat itu masih ditempati oleh pedagang. Namun berdasar aturan, mekanisme pembongkaran aset pemerintah daerah harus melalui teknis-teknis yang melibatkan DPRD Surabaya.

Di sisi lain, Risma mengaku juga masih memikirkan nasib para Pedagang yang tidak mampu menyewa stand di gedung Pasar Turi Baru. Dalam kasus ini, Risma dilampirkan dengan pasal 341 yakni terkait pembiaran adanya TPS. "Apakah salah kalau saya memikirkan nasib warga saya (pedagang) yang tidak mampu membayar tarikan-tarikan yang nggak masuk akal itu. Saya harus melindungi warga saya," ujarnya. by